"Pergumulan tidak akan pernah sirna, akan tetapi HARAPAN selalu menguatkan manusia untuk menata hidup yang lebih baik."

Terimakasih atas kunjungan anda.

Halaman

~ Batu Empedu

By : Titi Yuliaty

Beberapa waktu yang lalu, adik temanku dirawat di Rumah Sakit akibat batu yang bercokol dalam kantong empedunya. Karena tidak mau dibelek, ia lalu ngacir dan dirawat di rumah. Sekarang sudah baikan setelah minum ramuan dari pak Mansyur.


Tadi pagi, aku cerita-cerita sama Ina tentang batu empedu ini. Menurutnya, dari survei kecil-kecilan yang dilakukan kepada orang-orang di sekitarnya yang mengidap penyakit yang sama, ia menarik kesimpulan bahwa ternyata salah satu penyebab adanya batu yang bercokol di empedu ialah karena orang-orang itu tidak pernah sarapan ( makan pagi).


Tentu masih banyak penyebab-penyebab lain seperti kolesterol yang lebih tinggi dan garam empedu yang lebih rendah; kegemukan juga merupakan faktor resiko yang cukup kuat; beberapa obat seperti obat kontrasepsi oral, dapat menyebabkan seorang wanita beresiko terkena batu empedu dan lain-lain Batu empedu itu sendiri adalah serpihan benda padat yang berasal dari kolesterol atau bilirubin yang terbentuk di dalam kantong empedu.

Aku tidak tahu apa hubungannya dan bagaimana sudut pandang medis terhadap hasil akhir yang ditarik dari hasil surveinya ini. Tetapi itulah kesimpulan Ina, bahwa sarapan amat berperan penting dalam terbentuk tidaknya batu di empedu.
Nah lho, kalau begitu, gak ada salahnya kan, sarapan setiap hari?
Hidup sarapan!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar