"Pergumulan tidak akan pernah sirna, akan tetapi HARAPAN selalu menguatkan manusia untuk menata hidup yang lebih baik."

Terimakasih atas kunjungan anda.

Halaman

~ "Pusing-pusing" di Singapura

By : Titi Yuliaty

“Pusing- pusing” yang dimaksud dalam judul posting ini, tentu saja tidak berhubungan sama sekali dengan sakit penyakit. Aku hanya meminjam istilah anty Ross, yang menyebut “jalan-jalan” (berwisata) dalam bahasa Malay sinonim dengan kata “pusing-pusing”
Sembari menunggu jadwal pertemuan dengan dokter, waktu yang ada kugunakan untuk “pusing-pusing”. Kali ini, perjalanan wisataku, tanpa pemandu khusus. Hanya berbekal buku panduan yang dikelola Capitaland aku menyusuri tempat-tempat wisata di Singapura.


Pulau Sentosa

Daerah wisata di Singapore yang masuk urutan pertama dalam daftar agenda perjalananku adalah Pulau Sentosa. Letaknya di Selatan Singapura, terdiri atas 20-30 landmarks, seperti Fort Siloso, yang dibangun sebagai benteng untuk bertahan dari Jepang selama PD II.
Untuk dapat sampai di tempat ini, kita bisa menggunakan MRT, Sentosa Express, Bis Sentosa, Kereta Gantung, dan layanan Bis Sentosa SIA Hop-on. Akan tetapi, karena cahaya hatiku masih harus mengenakan masker saat keluar rumah, aku merasa lebih aman dan nyaman naik taksi saja. Selain karena sopir taksinya
memang mengenal dengan baik lokasi dan rutenya yang kutuju, (tentu saja tidak dibawa berputar-putar dahulu seperti yang sering kali terjadi di tanah air) mereka juga bisa menjadi “pemandu wisata” gratis.

Tiket masuk standar ke pulau ini adalah SGD 3,00 per orang, dewasa pun anak-anak. Karena taksi tidak diperbolehkan “beroperasi” dalam pulau, maka kami diantar sampai ke pangkalan taksi saja untuk selanjutnya menggunakan bis wisata gratis yang disediakan pihak pengelola, berbaur dengan wisatawan-wisatawan lain dari berbagai Negara.Umumnya mereka berasal dari Cina dan Indonesia, walaupun juga ada dari Eropa, Amerika, Arab, Jepang, Vietnam dan lain-lain.


Underwater World adalah tempat pertama yang kami kunjungi di pulau ini. Salah satu oceanarium yang konon kabarnya terbesar di Asia. (Tapi jika dibandingkan dengan Indonesia, menurutku Sea World di Ancol jauh lebih besar). Mungkin karena luas area negara ini sangat terbatas, sehingga oceanariumnya juga "terbatas". Di sini kita dapat menikmati beberapa species ikan dan makhluk biota laut.


Setelah puas menikmati beragam species makhluk laut, kami melanjutkan perjalanan ke Dek Pandang di Mouth Gallerynya Marlion. Dari tempat ini, kita dapat melihat pulau Batam dan pulau Bintan di tanah air. Sebelum sampai ke dek, kami menyempatkan diri menyaksikan legenda ditemukannya negeri ini. Tak ketinggalan menelusuri Walk Marlion.


Ngomong-ngomong anda tahu gak perbedaan si Marlion yang bersisik 320 buah itu dengan binatang-binatang lain? Aku sendiri gak tahu. Tapi kata uncle driver: "Perbedaannya adalah karena marlion pipis lewat mulut." Hehe... ada-ada saja si uncle

Dolphin Lagoon, adalah tempat berikut yang kami tuju . Di sini, kami menyaksikan atraksi lumba-lumba merah muda dan menikmati pantai-pantai indah yang ada di pulau dengan menggunakan Beach Trams. Pulang pergi dari ujung ke ujung, sampai akhirnya berhenti dan makan siang di Tanjung beach. Bagiku berbaur bersama wisatawan mancanegara mempunyai nuansa tersendiri.



Butterfly Park & Insect Kingdom adalah tujuan berikutnya setelah makan siang. Sebenarnya aku agak kecewa, sebab selain areanya yang sangat kecil, kupu-kupunya juga sangat sedikit (mungkin lagi pada malas terbang di siang bolong), mahal pula tiket masuknya.

Penasaran dengan Mr. Marlion yang pipis melalui mulutnya (stttt.. itu kata uncle driver lho), kami kembali ke tempat ini (perjalanan yang tidak efektif tetapi tetap dinikmati hehehe). Naik Sentosa Express, mutar-mutar lalu balik ke stasiun yang sama. Setelah puas berpose (ceile seperti foto model saja), kami ke Images of Singapore lalu naik cable car untuk kembali ke rumah. Sayang kami tak sempat menikmati Tiger Sky Tower.


“Pusing-pusing" di Sentosa Island berakhir. Lelah, tetapi nikmat. Nikmat, namun mahal, bahkan sangat mahal untuk kantongku. Dari tempat-tempat yang aku kunjungi di atas, aku harus merogoh kocek kurang lebih SGD 350.00 untuk 4 orang. Setara dengan 2.275.000 rupiah jika kurs 1SGD= Rp.6500









Tidak ada komentar:

Posting Komentar