"Pergumulan tidak akan pernah sirna, akan tetapi HARAPAN selalu menguatkan manusia untuk menata hidup yang lebih baik."

Terimakasih atas kunjungan anda.

Halaman

~ Lectio Divina

By : Titi Yuliaty

Bagi kebanyakan orang Kristen, bersaat teduh dengan membaca nats-nats Alkitab setiap hari, bukanlah hal yang baru lagi , bahkan sudah menjadi panggilan jiwa. Namun memahami dengan sungguh makna dari nats yang dibacanya dan pesan yang diterimanya melalui nats tersebut mungkin masih ada yang "mengambang." Memang ada banyak metode atau cara yang dapat dipakai untuk bersaat teduh itu. Biasanya dalam buku-buku renungan harian, metode-metode tersebut, sudah dipaparkan lebih awal sebelum kita menggunakan buku renungan dimaksud. Pada umumnya hampir sama.

Kemarin aku membaca buku renungan harian yang menggunakan Metode Lectio Divina. (Buku yang diberikan oleh sahabat yang care padaku. Trimakasih Ina). Sepertinya aku lebih "cocok" dengan metode ini. Lectio divina adalah suatu metode membaca Alkitab sambil merenungkan dan berdoa.
Langkah-langkah metode Lectio Divina menurut buku itu dan yang telah kupraktekkan ialah sebagai berikut:

Persiapan:
Masuklah dalam suasana hening, berdoalah dan mohonlah kehadiran, bimbingan, dan penerangan Roh Kudus

Langkah I : Lectio (bacaan)
Membaca kutipan dari Alkitab. Sebaiknya setiap perikop dibaca secara utuh (tidak dipenggal-penggal), perlahan-lahan dirasakan. Dengan segenap hati dan budi mendengarkan Sabda Tuhan. Menangkap inti sari FirmanNya yang menyentuh hati, bisa menjadi titik tolak atau bahan renungan.

Langkah II : Meditatio (renungan)
Merenungkan Intisari FirmanTtuhan. Menggali lebih dalam untuk menemukan kebenaran-kebenaran yang tersembunyi di baliknya. Dengan iman, cinta dan kerinduan menelaah FirmanNya, mencari dan menemukan kehendak Tuhan bagi kita.

Langkah III: Contemplatio (kontemplasi)
Memasuki ruang keheningan paling dalam untuk merasakan kehadiranNya, mengenyam kedekatan serta keintiman denganNya. Biarkan diri kita dalam arus kasihNya, terbelai sentuhanNya yang halus dan menangkap nada suaraNya yang lembut.

Langkah IV: Oratio (doa)
Menanggapi sentuhan dan Sabda Tuhan diungkapkan dalam Doa yag terinspirasi dari buah perenungan dan kontemplasi dalam bimbingan Roh Kudus

Langkah V : Missio (pengutusan)
Komitmen dalam melaksanakan Perutusan Tuhan atau kehendakNya yang diberitakan melalui Sabda yang kita terima dalam Lictio Divina ini.

Dalam buku yang kubaca (Renungan harian Mutiara Iman), tahapan-tahapan di atas telah diramu sedemikian rupa, sehingga kita tinggal mengikutinya saja. So, selamat menggunakan metode Lectio Divina ini, semoga kehidupan kita semakin dibaharui dan iman kita semakin bertumbuh di dalam Dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar